Rabu, 04 Maret 2015

10 Tips Pencarian Informasi yang Efektif di Internet

 Bila anda sering memanfaatkan internet sebagai sumber informasi, ada baiknya menerapkan beberapa tips dibawah ini.

1. Gunakan beberapa "Browser" sekaligus
Mungkin ini bukan jadi rahasia lagi bagi kamu, tapi ada baiknya kamu buka beberapa browser sekaligus. Dengan cara ini kamu bisa buka-buka browser lain selagi menunggu download situs lainnya selesai.
2. Matikan option "Graphics" dan lihat gambar seperlunya
Time out... time out... Wah, gawat kalau sudah begini. Kalau kamu sering mengalaminya, ada baiknya kamu matikan saja option "Graphics"-nya. Karena file-file gamber/image inilah yang sering kali berukuran besar-besar

3. Jangan takut menekan tombol Back
Jangan sekali-kali takut untuk menekan tombol Back, bila kamu salah mengklik link. Bila kamu salah mengklik link, kamu gak perlu menunggu proses download selesai.

4. Loncat!
Tapi tombol Back tidak selalu efektif untuk digunakan bila kamu ingin kembali ke link-link sebelumnya. Karena kamu harus mengklik tombol back beberapa kali. Nah, ada cara yang lebih cepat. Gunakan menu Go, lalu pilih judul web yang kamu inginkan. Cara ini jauh lebih cepat dan lebih tepat karena kamu bisa langsung "loncat" ke halaman yang diinginkan

5. Ambil keputusan dengan cepat
Ini bisa menghemat uangmu, jika kamu sedang menelusuri hasil pencarian search engine atau hirarki internet directory. Pasalnya, saat menggunakan web browser, kompuitermu saat itu sedang terhubung ke ISP.

6. Gunakan bookmark!
Bookmark, bookmark, bookmark. Gunakan bookmark untuk "mengingat" alamat situs yang menarik bagi kamu.
7. Jangan ragu untuk mengulang
Sering kali komputer kita kelihatan "hang" saat kita sedang men-download suatu homepage. Ini dapat berlangsung hingga lebih dari 5 menit tanpa ada penambahan yang ditampilkan di layar. Tentu saja peristiwa seperti ini membuat kesal. Untuk menghindari hal seperti ini, klik saja tombol Reload / Refresh. Cara ini seringkali sukses.

8. Kategorikan bookmark anda
Bila kamu telah menerapkan tips nomor 6 diatas, jangan berhenti sampai disitu. Seperti kertas-kertas diatas meja, jika tidak kamu kumpulkan dan atur sedemikian rupa, cepat atau lambat akan mempersulit kamu sendiri. Terutama bila kumpulan bookmark anda sudah banyak sekali. Buatlah folder.
9. Malu bertanya sesat di jalan
Ternyata pepatah lama tetap berlaku, walaupun banyak orang bilang, internet itu gudangnya informasi, tapi masalahnya terlalu banyak informasi yang ada disana. Oleh karena itu, jangan ragu-ragu bertanya ke mailing list, atau ke newsgroup yang berhubungan dengan pertanyaan kamu.
10. Hindari waktu sibuk internet
Salah satu penyebab keterlambatan adalah terlalu banyak pemaikai dalam waktu yang sama. Untuk mengatasi masalah ini, kamu bisa bereksperimen dengan mengubah waktu-waktu koneksi internet. Mungkin bila kamu melakukan surfing sekitar jam 5.00 pagi (setelah subuh) koneksi internet kamu bakalan cepat.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar